Sunday 15 January 2012

ATOM dan KETERATURAN ALAM SEMESTA

Mari kita melihat bagian terkecil dari sebuah benda.Bagian yang kita namakan ‘atom’,dan diartikan sebagai unsur yang tidak dapat dibagi lagi dengan cara kimia biasa.
Sebuah atom terdiri dari sebuah inti atom,yang mengandung neutron dan proton;dan electron yang mengitarinya.Struktur yang mirip dengan tata surya;matahari sebagai inti dan planet-planet sebagai elektronnya.Bedanya orbit electron lebuh rumit dari orbit planet.
Mari kita mengenalnya lebih jauh.Sebuah atom berukuran sepersejuta millimeter.Artinya dibutuhkan sejuta atom untuk menyusun barisan atom sepanjang 1 milimeter.Dan jika sebuah apel diperbesar sampai seukuran bumi,maka atom dalam apel tersebut akan terlihat sebesar ukuran apel awal tersebut.Bayangkan,berapa banyak apel yang kita butuhkan untuk menyusun sebuah benda sebesar bumi?
Sebuah atom yang sekecil itu tersusun atas inti atom dan electron yang mengitarinya.Jika kita menganggap sebuah titik diatas kertas sebagai inti atom,maka electron yang mengelilinginya akan berjarak 50 meter dari titik tersebut.Jika kita mengibaratkan sebuah apel sebagai inti atom,maka electron akan mengorbit dengan jarak 50 Kilometer dari inti.
Elektron-elektron itu akan terus mengorbit,berputar mengelilingi inti atom;tak pernah berhenti.Elektron berputar disekitar inti dalam tujuh orbit yang berbeda,dan jumlah electron mengitari inti kadang-kadang bisa melebihi 100.Artinya,dalam satu orbit ada yang berisi dua electron,namun ada pula yang berisi lebih dari 10 elektron.Dengan pengaturan sedemikianrupa,electron-elektron tersebut tak pernah bertabrakan satu sama lainnya.
Tentu,sangat mudah bagi Allah menciptakan dan mengatur pola gerakan atom yang sangat rumit.Karenanya,tak sulit juga bagi Allah untuk mengatur tiap gerakan dialam semesta ini.
Saat anda membaca tulisan ini,setiap salah satu atom dalam tubuh kita,disekitar kita dan dimana kita hidup terus menerus berputar.Bersamaan dengan bumi yang  berputar mengelilingi porosnya 500 meter perdetik;bumi berputar mengelilingi matahari 30 kilometer perdetik;tata surya berputar dalam bimasakti dengan kecepatan 250 kilometer perdetik;dan bimasakti yang terus bergerak bersama dengan galaksi-galaksi yang lain.
Semuanya,dari galaksi raksasa sampai ke bagian terkecil atom,berada dibawah pengetahuan,penguasaan,dan pengaturan Allah Rabbil alamin.
“Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan benar.Dan benarlah perkataan-Nya diwaktu Dia mengatakan: “jadilah,lalu terjadilah”,dan di tangan-Nya lah segala kekuasaan diwaktu sangkakala ditiup.Dia mengetahui yang Ghoib dan yang Nampak.dan Dialah Yng Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.” (QS.AL-An’am:73)
(abu adlan el farosan)

No comments:

Post a Comment